AL-BIRR

Juli 4, 2007 at 9:12 pm (Akhlak, Akidah, Dakwah, Hikmah, Renungan, Tafsir Al Quran)

Apa arti al-birr? Bagaimana al Qur’an menjelaskan tentang al-birr? Apa konsekuensi orang yang mengajak melakukan al birr ?

Birr artinya kebajikan. Kata ini disebut sebanyak 8 kali dalam Al Qur’an, beberapa diantaranya: Al Baqarah/2: 44, 177, 189, Ali Imran/3 : 92, Al Maidah/5: 2, dan Al Mujadilah/58 : 9. Berikut ini konteks penggunaan kata tersebut dalam Al Qur’an:

Mengapa kamu suruh orang lain melakukan al birr (kebajikan) sedang kamu melupakan (kewajiban) dirimu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir? (Al Baqarah/2:44)

Ayat ini memang merupakan peringatan kepada ahlil kitab, Qatadah (tafsir Ibn Katisr) mengatakan bahwa bani Israik suka menganjurkan orang berbuat taat, takwa, tetapi mereka sendiri menyalahinya. Walaupun demikian ayat ini berlaku umum artinya Allah menuntut orang yang mengajak kepada kebajikan agar pengajak itu tidak melupakan dirinya sendiri dari kebajikan yang diajakkannya.

Rasulullah saw bersabda,’Kelak dihari kiamat akan dihadapkan seorang dan segera dilempar ke neraka, maka keluar ususnya, maka ia terputar di dalam neraka sebagaimana berputarnya himar di penggilingannya, maka dikerumuni orang-orang di neraka dan bertanya,’Ya Fulan mengapa Anda? Tidakkah Anda selalu menganjurkan kami supaya berbuat makruf dan mencegah dari yang mungkar? Jawabnya,’Dahulu aku menganjurkan kamu supaya berbuat baik sedang aku tidak mengerjakannya, dan melarang kalian dari kemungkaran, tetapi aku melakukannya’(HR.Bukhari)

Bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu (al birr) kebajikan, akan tetapi sesunguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaja, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yangbenar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yangbertakwa (Al Baqarah/2:177)

Dan bukanlah kebajikan (al birr) memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah kerumah-rumah itu dari pintu- pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung (Al Baqarah/2:189)

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya(Ali Imran/3:92)

Ayat-ayat menjelaskan tentang pengertian al birr yang sekaligus merupakan bukti dari iman, dengan beramal dalam berbagai bidang. Salah satu penjelasan dari al birr itu adalah memberikan harta yang dicintainya. Pengertian harta yang dicintai adalah harta yang disayangi, harta itu diharapkan mengantarkan kepada kekayaan, dan menjauhkan dari kemiskinan.

… Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksanya (Al Maidah/5:2)

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepadaNya kamu akan dikembalikan (Al Mujadilah/58:9)

Al birr menuntut kesungguhan dalam melakukannya. Agar tidak bosan dalam melakukan al birr, agar tidak terasa berat dalam melanggengkan al birr yang dilakukan, sebaiknya kita bekerja sama dan saling membantu dalam mengupayakannya. Saling membantulah dalam al birr agar kita dapat konsisten melakukakannya!

Dimuat di Buletin Jum’at Hanif, Pekan ke-2 Juli 2005!

1 Komentar

  1. suryo said,

    thanks yah.
    postingannya telah membantu saya menambah wawasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: